-->

Sunday, November 3, 2019

Muda adalah "Pilihan"

Memiliki prinsip hidup " Sipakainga, Sipakatau ,dan sipakalebbi " , pria muda kelahiran Soppeng, Makassar Sulawesi Selatan ini memiliki nama lengkap Sulfian Wanandi. Terlahir dari keluarga yang sederhana, Sulfian berhasil menjadi seorang entrepreneur dan dengan bisnisnya menjadi salah satu Pendistributor Beras Termuda di Bandung yang memanfaatkan Sosial media dan e-commerce tahun 2017.

Selain bekerja di salah satu kementerian sebagai staff IT, Pria lulusan S1 Teknik Elektronika, Universitas Negeri Makassar ini pernah menekuni berbagai bisnis, namun semuanya berakhir dengan kegagalan.

Sulfian mulai mencari uang dengan merantau ke Jawa. Bahkan pernah menjadi kuli panggul beras padahal memiliki ijasah S1, Namun itu tidak membuatnya gengsi karena apa yang dia kerjakan adalah halal. Dengan keuletannya bekerja di usaha beras, dia dipercaya dan diajarkan berbisnis oleh bosnya dan diangkat menjadi manajer area di kota bandung. 

Setelah berjalan beberapa bulan, mulai buka bisnis sendiri dengan nama Ricemill.Bdg, bisnis pertamanya ini pernah bekerjasama dengan Kemensos dan omzet tahun pertama pernah mencapai 5M dengan penjualan 500 ton
beras, namun bisnisnya ini mengalami beberapa kali kegagalan dan pernah rugi sampai 2,5M di tahun keduanya. Bahkan beberapa rukonya tutup karena tidak ada kiriman barang lagi dari supplier. Dan setelah kejadian itu, kembali melanjutkan berkarir di Jakarta lagi di salah satu kementerian dan bertekad mengumpulkan uang kembali untuk bangun bisnis berasnya kembali. 

Kini usianya yang ke-24, Sulfian mulai aktif di bagian Literasi Digital dan pengenalan bagaiman berInternet sehat selain itu juga mulai menekuni bisnis berasnya kembali yang sempat down beberapa bulan, hingga akhirnya dia berhasil memperbaiki keuangan bisnisnya sendiri yang disebut Ricemill.Bdg ini dan tembus zona UMKM. Namun bisnis tidak selalu berjalan dengan mulus, beberapa kali juga tertipu dan mengalami kerugian dalam jumlah yang cukup besar, kini dia juga join membuka bisnis di bidang fashion bersama temannya Waris Sutrisno (founder) dengan nama DH Store di Bandung dan Sulfian sebagai co-founder. 

Dia juga mulai memberikan diskusi, sharing session mengenai scale up bisnis serta pengembangan diri, bahkan memberikan seminar-seminar literasi digital pada beberapa acara di Bandung, Jakarta.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive


Referral Banners

?Cara Buat Buku Tamu Di Blog
KLIK DI SINI ! di sini

Bisnis Jastip "Salam Dari Eropa" Bermodalkan Smartphone

Jastip atau Jasa Titipan belakangan ini semakin marak. Jastip biasanya beroperasi di Whatsapp Grup maupun sosial media, yang bisa diakse...

Referral Banners

Followers