Laporan Multimedia
A.
Definisi
Multimedia
Multimedia
terdiri dari dua kata “multi” artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai
untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan vide. Multimedia dapat
diartikan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
B.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
- Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
- McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
- Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
- Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
- Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
- Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
- Multimedia sebagai perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007)
- Multimedia merupakan media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
Berdasarkan pendapat-pendapat
tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara
berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau
bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah
dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada publik.
C.
Sejarah
multimedia
- Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
- Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
- Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
- Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
- Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
D. Kelebihan
Multimedia
·
Dari berbagai media informasi,
multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh
penyajian media informasi lainya. Kelebihan dari multimedia adalah menarik
indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan
gerakan.
·
Lembaga riset dan penerbitan
komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya
mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi
orang mengingat 50 % dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat,
didengar dan dilakukan sekaligus.
E.
Manfaat
multimedia
Multimedia memiliki manfaat yang
beragam, seperti penggunaan dibawah ini :
- Industri Kreatif
Industri
kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk
hiburan, untuk seni komersial.
- Komersial
Presentasi
yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan
komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan
menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
- Hiburan dan seni rupa
Selain
itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya
untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam
multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah
tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM atau online. Beberapa video games
mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai
penerima pasif informasi.
- Pendidikan
Dalam
pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis computer
dan buku referensi seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna
melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar
yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah
yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan,
terutama hiburan multimedia.
- Teknik
Perangkat
lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan Simulasi Komputer untuk
sebagai hiburan dan pelatihan seperti pelatihan militer atau industri.
Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah
kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat lunak
- Perindustrian
Di sektor
industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk
membantu pemegang saham, rekan kerja dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat
untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan dan penjualan produk di seluruh
dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.
- Matematika dan penelitian ilmiah
Dalam
matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modelling
dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa melihat pada model molekular
tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru.
Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
- Kesehatan
Dalam
Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka
dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh
virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
F.
Aspek-aspek
Pendorong Berkembangnya Mutimedia
Dari hari kehari perkembangan
multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan
akan multimedia. Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat
aplikasi berbasis multimedia ini. Dan juga beraneka ragam kebutuhan akan
informasi. Aspek yang merupakan pendorong perkembangan multimedia diantaranya
adalah hoby, telekomunikasi, consummer electronic, TV, movie, broadcasting
industry, publishing house dll.
0 comments:
Post a Comment